Apa itu Cross Imunoterapi?

cross imunoterapi

Cross Imunoterapi adalah Perang terhadap kanker yang sesungguhnya dibuka sejak Presiden Amerika Serikat Richard Nixon merancang program penelitian terhadap kanker secara besar-besaran di tahun 1971. Kini, 40 tahun kemudian, nyaris belum ada pertumbuhan berarti, bahkan kanker masih menjadi penyebab kematian utama di dunia. Meskipun begitu, peradaban teknologi di bidang penyembuhan kanker sudah paling berkembang.

 

Imunoterapi, Senjata Melawan Kanker

Pada dasarnya, terapi untuk mayoritas jenis kanker mencakup pembedahan, terapi radiasi, dan kemoterapi. Sejak tahun 1990 mulai dikenal terapi target,yaitu terapi yang melulu menyerang sel kanker saja, sampai-sampai efek samping yang ditakutkan dari kemoterapi lebih jarang terjadi. Namun, kematian dampak kanker tetap saja tinggi.

Maka di mula tahun 2000-an, ilmuwan mulai mengembangkan konsep terapi baruguna kanker, yaitu imunoterapi. Konsep dari imunoterapi ialah memberdayakan sistem kekebalan tubuh pasien supaya lebih berdampak kuat melawan kanker di tubuhnya. Ada dua teknik yang dapat dilaksanakan dalam imunoterapi. Pertama,menciptakan sistem imun tubuh yang telah ada menjadi lebih berdampak kuat sehinggadapat membunuh sel-sel kanker. Kedua, menambahkan komponen baru pada sistem imun dengan merekayasa sel-sel imun ini yang intinya sama, supaya mereka lebih berdampak kuat melawan sel-sel kanker.

Imunoterapi ketika ini menjadi asa baru penderita kanker, sebab darisejumlah obat yang telah dikembangkan dengan konsep imunoterapi, hasilnyapaling baik. Untuk mengetahui tentang imunoterapi ini, terdapat baiknyadicerna terlebih dahulu mengenai sistem imun pada manusia terutama saat berhadapan dengan kanker.

Sistem imun tubuh adalahsuatu sistem yang besar, mencakup organ, dan khususnya sel-sel imun dan substansi beda yang mengayomi tubuh dari masing-masing jenis infeksi dan penyakit. Mereka ibarat tentara yang berkeliling kesemua tubuh untuk memberantas kuman penyebab infeksi, termasuk memberantas sel-sel yang tidak normal pertumbuhannya, yaitu kanker.

cross imunoterapi

Cross Imunoterapi

Cross Imunoterapi sendiri merupakan sebuah imunoterapi yang terjadi secara natural. Misal, ketika pasangan melakukan hubungan seksual, maka akan timbul perasaan bahagia yang merangsang produksi antibodi untuk melawan kanker. Oleh karena itu, banyak dokter yang menyarankan agar penderita kanker diberikan rasa tenang melalui berbagai cara yang bersifat sosial dan empatik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *