Kulit Sehat? Ini Cara Mendapatkannya

Ini tahun baru! Apakah Anda memiliki resolusi Tahun Baru untuk kulit Anda? Jika tidak, Anda dapat melihat daftar yang telah saya buat sebelumnya di sini dan di sini .

Tahun ini, daripada membuat daftar lain, saya pikir akan menarik untuk menulis tentang satu resolusi yang berlaku untuk semua orang. Suatu resolusi yang kita semua bisa setujui adalah hal yang diinginkan. Baca juga: efek samping kapsida. Resolusi yang sebenarnya dapat dicapai. Tidak hanya untuk sebagian orang tetapi untuk semua orang.

Jadi, apa ini?

Kulit Sehat? Ini Cara Mendapatkannya

Anda mendengar ini sepanjang waktu. Para profesional kulit dan perusahaan perawatan kulit senang membuangnya dan menggunakannya dalam copy pemasaran mereka.

Secara intuitif, itu masuk akal. Sehat itu baik. Tidak sehat itu buruk. Tubuh yang sehat terlihat bagus dan terasa enak. Tubuh yang tidak sehat menyebabkan penyakit dan kualitas hidup yang lebih rendah.

Tapi apa sebenarnya artinya memiliki kulit yang sehat? Saya pikir definisinya adalah cairan. Setiap orang memiliki pandangannya sendiri tentang kulit yang sehat. Dalam posting ini, saya menawarkan Anda rekomendasi saya dan sederhana untuk mencapai kulit yang sehat.

Karakteristik Kulit yang Sehat

Sangat mudah untuk berasumsi bahwa kulit yang sehat berarti kulit yang indah. Saya tidak berpikir ini adalah cara yang bagus untuk melihatnya. Terlalu mudah untuk frustrasi ketika kulit kita tidak cantik. Selain itu, indah itu subyektif.

Kulit sehat juga BUKAN kulit tanpa cela . Tidak ada yang namanya kulit tanpa cela, kecuali Anda seorang bayi. Kita semua memiliki kekurangan yang melekat pada kulit kita. Beberapa dari kita memiliki lebih banyak, dan beberapa dari kita memiliki kekurangan yang bertahan dan mengepung kita. Tetapi tanpa cela adalah mustahil, dan tujuan yang sia-sia. Flawless hanya dimungkinkan melalui makeup dan Photoshop.

Ciri yang paling menentukan dari kulit yang sehat , menurut pendapat saya, adalah ciri khas yang sama dari tubuh yang sehat – kemampuan untuk melawan cedera dan penyakit dengan cepat dan efektif .

Mari kita lihat tubuh yang sehat dulu. Kami dikelilingi dan dibanjiri oleh kuman, bahan kimia dan iritasi biologis, udara dan air yang terkontaminasi, polutan, racun, radiasi UV, dan sebagainya setiap hari setiap tahun. Bagaimana kita tidak sakit? Sistem kekebalan yang kuat, sistem kardiovaskular yang kuat yang memompa darah secara efisien, dan otak yang sehat yang dapat mendeteksi dan mengoordinasikan respons cepat terhadap mikroba penyebab penyakit atau bahan kimia.

Kulit sebenarnya adalah sistem pertahanan utama tubuh terhadap partikel asing, mikroba, dan radiasi UV. Fungsi utamanya adalah perlindungan . Segala sesuatu di dalam tubuh membutuhkan perlindungan dari luar.

Untuk memiliki kulit yang sehat, Anda harus memiliki fungsi penghalang yang kuat . Ini adalah kalimat yang membosankan. Saya berharap “fungsi penghalang” disebut nama yang berbeda, yang lebih menarik dan intuitif. Siapa yang ingin belajar tentang fungsi penghalang? Setiap kali saya menyebutkan kalimat ini, saya tahu setidaknya separuh mata pembaca saya akan berkaca-kaca.

Tapi itu istilah yang sangat penting. Istilah paling penting dalam perawatan kulit, jika Anda bertanya kepada saya. Anda dapat membaca semuanya di sini: Fungsi Barrier Kulit .

Intinya, fungsi penghalang adalah kemampuan kulit Anda untuk menolak penghinaan. Penghinaan dapat berupa gangguan apa pun yang menyebabkan ruam ringan yang tidak berbahaya menjadi infeksi bakteri yang mengancam jiwa. Berikut beberapa contohnya:

produk perawatan kulit yang bahan-bahannya mengiritasi kulit
bakteri, virus, jamur, dan parasit
gigitan serangga atau hewan
tanaman yang menyebabkan alergi
over-exfoliating skin
kulit yang terlalu bersih
menggunakan toner astringen yang menghapus minyak
panas, uap, atau air panas
memetik kulit (menekan komedo, memuntahkan jerawat)
sengatan matahari
luka atau cedera (misalnya luka yang menyebabkan pendarahan, pukulan yang menyebabkan memar)
jerawat yang meradang atau kistik
operasi atau prosedur kosmetik
gangguan kulit kronis atau penyakit

Ketika Anda memiliki fungsi penghalang yang kuat, kulit Anda lebih tahan terhadap penghinaan ini. Saya suka menyebut ini sebagai kulit yang kuat . Anda cenderung mengalami ketidaknyamanan atau rasa sakit jika kulit Anda diperparah. Tanda-tanda yang terlihat dari reaksi produk yang buruk, seperti kemerahan, gatal, bengkak, dan kekeringan kurang intens dan tidak bertahan lama. Jika sesuatu yang buruk terjadi pada kulit Anda, Anda akan lebih cepat sembuh . Seseorang dengan fungsi penghalang yang lemah akan membutuhkan waktu lebih lama untuk memulihkan dan mengembalikan kulit mereka ke normal.

Ketika Anda memiliki fungsi penghalang yang kuat, kulit Anda juga kurang kering dan lebih montok . Lebih baik menahan air (laju kehilangan air lebih lambat). Dan ketika kulit Anda memegang lebih banyak air, terlihat lebih gemuk.

Fungsi penghalang kuat juga berarti kulit Anda berada pada pH alami (sekitar pH 5,5). PH yang benar menciptakan kondisi untuk mantel asam yang kuat (lapisan sebum dan keringat pada kulit), yang merupakan pencegah mikroorganisme, seperti bakteri.

Kulit yang sehat juga mampu merespon infeksi atau luka dengan cepat dan efektif . Ini tergantung pada kesehatan sistem kekebalan Anda. Sel imun diaktifkan ketika ada jenis serangan apa pun, dan peradangan terjadi.

The karakteristik fisik luar dari kulit yang sehat adalah hal-hal yang kita semua dapat mengenali:

warna normal (tidak pucat dari biasanya, keabu-abuan, kehijauan, atau kuning / kuning)
terang, memantulkan cahaya (tidak membosankan)
lentur (terasa lembut saat disentuh, tidak keras atau mengeras)
relatif halus (tidak terlalu kasar, bergelombang, atau berduri)
tidak kering
tidak bersisik
tidak bersisik
tidak merah seluruh (beberapa jumlah kemerahan normal pada jenis kulit tertentu)
bersih di area yang tidak mudah berjerawat (Cacat dalam jumlah sedang baik-baik saja karena normal. Tentunya, jika seluruh wajah tertutup jerawat, ini tidak sehat.)
Anda tidak harus terlihat muda atau sempurna untuk memiliki kulit yang sehat. Anda dapat memiliki kerutan, kendur, jerawat, komedo, bersinar, bintik hitam, lingkaran hitam, mata bengkak, dan MASIH memiliki kulit yang sehat. Semua ketidaksempurnaan itu adalah hasil normal penuaan atau karakteristik genetik.

Kulit yang sehat lebih tentang fisiologi internal Anda – seberapa baik mesin tak terlihat di dalam kulit Anda sedang berjalan.

Post A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *